KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN LAMA GURU MENGAJAR

Puji Lestari, Bambang Subali, Paidi .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains siswa SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo dalam mata pelajaran biologi ditinjau dari lama guru mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dan dilaksanakan pada bulan Desember 2015 hingga Maret 2016. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI dari 11 SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih sampel, sehingga diperoleh 536 siswa dan sampel guru biologi yang mengajar siswa kelas X dan XI sebanyak 17 orang. Variabel bebas berupa lama guru mengajar, variabel tergayut adalah tingkat berpikir divergen siswa dalam mata pelajaran biologi, serta variabel pengganggu yang ikut diteliti adalah latar belakang pendidikan guru dan potensi siswa yang didasarkan pada nilai ujian nasional IPA SMP. Teknik pengumpulan data dengan tes berpikir divergen yang disusun oleh Bambang Subali (2009), pengisian angket dan wawancara kepada guru, serta pengambilan data nilai ujian nasional IPA SMP. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat berpikir divergen keterampilan proses sains siswa SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo tergolong sedang (22,76 dari total skor 50). Skor berpikir divergen siswa yang diampu oleh guru dengan lama mengajar kurang dari 20 tahun lebih tinggi daripada siswa yang diampu oleh guru dengan lama mengajar lebih dari 20 tahun. Aspek latar belakang pendidikan guru dan potensi siswa yang didasarkan pada nilai ujian nasional IPA SMP ada kaitannya dengan skor berpikir divergen keterampilan proses sains siswa.

 

Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, lama guru mengajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i5.4552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.