IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA MENURUT KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMAN 1 GODEAN, SMAN 1 PAKEM, SMAN 1 PRAMBANAN)

Sulistiyaningsih ., Paidi ., Yuliati .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian dalam proses penilaian kompetensi keterampilan; (2) kesesuaian antara aspek, teknik, dan instrumen penilaian kompetensi keterampilan; (3) faktor yang menjadi kendala guru mata pelajaran biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif. Sampel penelitian adalah tiga guru biologi di SMA Negeri Kabupaten Sleman yang menerapkan Kurikulum 2013. Instrumen penelitian berupa kuesioner, pedoman dokumentasi dan telaah kesesuaian instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan penentuan aspek, teknik, dan prosedur penilaian sudah baik dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, sedangkan instrumen penilaian masih kurang baik dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013; (2) konsistensi penentuan teknik dan instrumen penilaian kompetensi keterampilan yang digunakan guru biologi di SMA di Kabupaten Sleman cenderung telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013; (3) kendala guru biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 adalah porsi penilaian kompetensi keterampilan yang tidak disediakan oleh guru dan ketidaksiapan guru dalam menggunakan instrumen penilaian kompetensi keterampilan.

 

Kata kunci: Kurikulum 2013, Penilaian Kompetensi Keterampilan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i4.4548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.