PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS MAKROALGA DI PANTAI DRINI SEBAGAI BAHAN AJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA

Marbelisa Briliani, Yuni Wibowo, sudarsono .

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui jenis-jenis makroalga yang ditemukan di Pantai Drini, (2) mengetahui potensi keanekaragaman jenis makroalga sebagai sumber belajar, dan (3) mengetahui kualitas modul pengayaan yang digunakan untuk siswa kelas X SMA, menurut ahli, guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Proses penelitian ini berlangsung 3 tahap yaitu penelitian biologi mengenai keanekaragaman jenis makroalga di Pantai Drini, analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar, dan penyusunan modul pengayaan keanekaragaman jenis makroalga. Prosedur penyusunan modul pengayaan terdiri dari 3 tahap yaitu analysis, design, dan development. Instrumen penilaian berupa lembar tinjauan ahli materi, ahli media, guru, dan angket tanggapan siswa. Kesimpulan penilaian kualitas modul didasarkan persentase skala penilaian terbanyak dari ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul pengayaan keanekaragaman jenis makroalga di Pantai Drini sangat baik menurut ahli, guru dan baik menurut tanggapan siswa.

Kata Kunci : makroalga, modul pengayaan, R&D.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i4.4544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.