KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V BERDASARKAN PENGALAMAN LAMA MENGAJAR GURU DI KOTA YOGYAKARTA, KABUPATEN BANTUL, DAN KABUPATEN KULON PROGO

Erlita Kartika Putri, Bambang Subali, Siti Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V berdasarkan pengalaman lama mengajar guru di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 1783 siswa sekolah dasar kelas IV dan  kelas V yang berasal dari 36 SD di UPT Yogyakarta Barat, UPT Yogyakarta Timur, UPTD Bantul, UPTD Piyungan, UPTD Pengasih dan UPTD Kalibawang. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat keterkaitan antara pengalaman lama mengajar guru dengan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo. Secara keseluruhan skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V di ketiga kota/kabupaten tersebut masih tergolong rendah, dan masih terdapat siswa yang memperoleh skor 0.

Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, pengalaman lama mengajar guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i4.4543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.