KETERKAITAN ANTARA LANGGAM BELAJAR DENGAN KARAKTER ILMIAH YANG MUNCUL DALAM PERKULIAHAN KESEHATAN LINGKUNGAN MATERI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNY

Fatharani Yurian Wahid, Yuliati M.Kes, Tutiek Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam langgam belajar, karakter ilmiah, dan keterkaitan antara langgam belajar dengan karakter ilmiah yang muncul pada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, di mana peneliti akan melihat bagaimana pola antara karakteristik setiap macam langgam belajar yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UNY dengan karakter ilmiah yang muncul dalam perkuliahan Kesehatan Lingkungan dengan materi PHBS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase langgam belajar yang paling banyak dimiliki adalah Asimilasi sebesar 36,67%. Diantara kedelapan karakter ilmiah yang muncul, belum semua mahasiswa dapat mencapai kategori Mulai Konsisten pada karakter ilmiah Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Terdapat kecenderungan karakter ilmiah berpengaruh terhadap macam langgam belajar yang dimiliki mahasiswa. Terdapat kesesuaian antara karakteristik mahasiswa MIPA secara umum dengan karakteristik langgam belajar Asimilasi.

Kata kunci: karakter ilmiah, langgam belajar, mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i3.4515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.