PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUNGSI EKSKRETORIK GINJAL MANUSIA BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI

Agustina Budi Lestari, Paidi ., Ciptono .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan mengetahui kelayakan, (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran fungsi ekskretorik pada ginjal manusia berbasis Lectora untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN Yogyakarta 1.Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas media pembelajaran oleh reviewer; angket tanggapan siswa, dan soal evaluasi hasil belajar. Angket dianalisis dengan modus dan perbedaan  hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan uji Ancova dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan media pembelajaran sebagian besar sangat baik dan respon siswa menunjukkan sebagian besar siswa sangat setuju sehingga layak digunakan, (2) media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan p < 0,05 dan terjadi peningkatan hasil belajar kategori sedang. Media pembelajaran fungsi ekskretorik pada ginjal manusia berbasis Lectora ini layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

 

Kata kunci: fungsi ekskertorik pada ginjal manusia, hasil belajar biologi, lectora.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i3.4499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.