KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL DAN KABUPATEN SLEMAN

Putri Komalaninggar, Bambang Subali, Siti Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Kehidupan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dan V berdasarkan Akreditasi Sekolah di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan V SD terakreditasi di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 1305 siswa kelas IV dan V SD yang berasal dari 24 SD yang tersebar di UPTD Bantul, UPTD Piyungan, UPTD Sleman, dan UPTD Kalasan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu akreditasi sekolah yang terdiri dari akreditasi A dan akreditasi B. Variabel tergayutnya adalah kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V baik di Kabupaten Bantul maupun Kabupaten Sleman yang bersekolah di sekolah yang berakreditasi A lebih rendah dibandingkan dengan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V yang bersekolah di sekolah berakreditasi B. Meskipun demikian secara keseluruhan skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V yang bersekolah di sekolah baik yang berakreditasi A maupun B masih tergolong rendah.

Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, akreditasi sekolah.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i3.4493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.