ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER DUA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Velia Dinan Qhalifia, Paidi ., Suratsih .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester Dua pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2015/ 2016 secara kualitatif dan kuantitatif, serta kaitannya dengan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah 5 paket soal ulangan tengah semester dua tahun ajaran 2015/ 2016  yang dibuat oleh guru biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis butir soal dilakukan secara kualitatif berdasarkan pemenuhan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta secara kuantitatif berdasarkan kesesuaian item dengan model Rasch, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester Dua pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2015/ 2016 secara kualitatif adalah baik, namun secara kuantitatif tergolong kurang baik. Kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester Dua pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo secara kualitatif dan kuantitatif tidak berkaitan dengan pengalaman mengajar guru.

 

Kata kunci: analisis butir soal, kualitas butir soal, pengalaman mengajar guru




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i2.4491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.