PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI FLASH TENTANG PROSES PEMBENTUKAN URIN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Diah Pangesti, Ciptono ., Tutiek Rahayo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dan respon belajar peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis animasi flash tentang proses pembentukan urin pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (ADD). Media yang telah selesai disusun diuji kelayakannya oleh reviewer yang terdiri atas ahli media, ahli materi dan guru biologi. Masukan dari reviewer digunakan sebagai bahan perbaikan. Media pembelajaran kemudian diuji coba terbatas pada 20 peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Klaten. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini mendapatkan penilaian baik sebesar 69.66% dan respon positif peserta didik mencapai 98.6% sehingga media pembelajaran berbasis animasi flash tentang proses pembentukan urin pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI SMA layak digunakan.

 

Kata Kunci: Animasi flash, media pembelajaran & sistem ekskresi.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i2.4485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.