PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL

Iis Aida Yustiana, Yuliati ., Tutiek Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan mengembangkan karakter ilmiah siswa dengan menerapkan Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas XI IPA 4. Proses penelitian direncanakan berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan PBL, lembar observasi karakter ilmiah, lembar soal tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan gain score dan statistika deskriptif. Kriteria keberhasilan pemahaman konsep siswa adalah nilai gain score masuk kategori sedang dan tinggi. Kriteria keberhasilan karakter ilmiah yaitu setiap siswa minimal mencapai kategori Mulai Berkembang (MB) dan Mulai Konsisten (MK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL selama dua siklus dapat meningkatkan pemahaman konsep dan mengembangkan karakter ilmiah siswa.

 

Kata Kunci : karakter ilmiah, PBL, Pemahaman Konsep.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i2.4484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.