KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI PERBEDAAN LOKASI SEKOLAH

Ana Fitri Apriliyani, Bambang Subali, Siti Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat Kemampuan Berpikir Divergen dalam Keterampilan Proses Sains (KBDKPS) peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi, (2) peta tingkat KBDKPS ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah, dan (3) pengaruh jenjang kelas dan faktor gender terhadap tingkat KBDKPS peserta didik ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman. Sampel penelitian adalah 1.304 peserta didik dari 16 SMAN di Kabupaten Sleman yang diambil dengan teknik accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa perangkat soal tes KBDKPS dengan pertanyaan terbuka (politomous). Teknik pengumpulan data berupa tes KBDKPS dan wawancara tidak terstruktur. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman pada mata pelajaran biologi tergolong rendah, (2) peta tingkat KBDKPS peserta didik SMAN yang berlokasi di kawasan kota yaitu sedang (20,88), kawasan suburban tergolong rendah (17,96), dan wilayah desa tergolong rendah (17,32), and (3) faktor jenjang kelas dan perbedaan gender tidak mempengaruhi tingkat KBDKPS peserta didik SMAN di Kabupaten Sleman yang ditinjau dari perbedaan lokasi sekolah.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir divergen, keterampilan proses sains, perbedaan lokasi sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i1.4480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.