ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG DIKEMBANGKAN DALAM LKS BIOLOGI KELAS X YANG DIGUNAKAN OLEH SISWA MAN DI KOTA YOGYAKARTA

Sicilia Artya Puspita, Sukarni Hidayati, Surachman .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam keterampilan proses sains (KPS) yang dikembangkan dalam LKS Biologi kelas X dan mengetahui sistematika penyajian KPS dalam LKS Biologi kelas X yang digunakan oleh siswa MAN di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa keterampilan dasar yang dikembangkan meliputi keterampilan observasi, identifikasi masalah, menemukan masalah, merumuskan masalah, mengklasifikasikan objek, mencatat hasil pengamatan, menyimpulkan hasil kegiatan praktikum, dan membuat laporan hasil kegiatan praktikum. Ragam keterampilan terpadu yang dikembangkan meliputi keterampilan merumuskan hipotesis, membuat langkah kegiatan, menetapkan urutan/ kelompok perlakuan, mengikuti petunjuk/ prosedur, menggunakan alat (alat bantu, alat ukur, dll), membuat tabel (organisasi data) hasil kegiatan praktikum, mengumpulkan informasi dari hasil kegiatan praktikum, identifikasi variabel, identifikasi hubungan antar variabel, menghitung rata-rata hasil kegiatan praktikum, dan membuat grafik hasil kegiatan praktikum. Sistematika penyajian ragam KPS secara umum belum dikembangkan keseluruhan sesuai dengan pedoman metode ilmiah. Selain itu, KPS yang dikembangkan sebagian besar ialah keterampilan proses dasar.

 

Kata kunci: LKS, keterampilan proses sains, keterampilan dasar, keterampilan terpadu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v5i1.4479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.