[Retracted] Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, Dian. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 345-346.
Ali, M. M., & Sukanto, S. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal. Experiment: Journal of Science Education, 1(2), 44-51.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28.
Asad, S.H., Azis, A.A., Nur, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 487-489.
Astiti, N.K.A., Kristiantari, M.G.R., Saputra, K.A. (2021) Efektivitas Discovery Learning Model dengan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409-412.
Astuti, T.I., Idrus, I., Yennita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.
Efendi, F.N., Warsono., Cahyadin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Akitivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 79-80.
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018, November). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1).
Gulo, Adenirwati. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 310.
Ibrohim, Sudrajat, A. K., & Saefi, M. (2021). Assessing Indonesian Teacher’s Perspective on the Implementation of Distance Learning due to COVID-19 Based on Online Survey. Journal of Turkish Science Education, 18, 46–59. https://doi.org/10.36681/tused.2021.71
Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP LITERASI KESEHATAN SISWA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112–127.
Mahardita, V. R., & Pratama, A. T. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTU CONCEPT MAPPING MATERI SISTEM EKSKRESI. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 136–152.
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnografi Indonesia. Vol 1, (2), 27 – 36.
Nur’aini, U.A., Darusyamsu, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya,17(1), 68-69.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Pranoto, Edi. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Blog Pembelajaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Mutasi Pada Kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Pati. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 2(4), 370-374.
Putrisari, D., & Subiantoro, A. W. (2022). PENGEMBANGAN VLAB UJI ZAT MAKANAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 69–79.
Rasyid, M. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-ATLAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 128–135.
Saefi, M., Suwono, H., & Susilo, H. (2017). Studi Komparatif Tiga Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 637–645. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Shetgar, M. P. S., & Thalange, M. A. V. (2018). Crossword puzzle: An active learning strategy. IJRAR-International Journal of Research and Analytical Reviews, 5(2), 1317-1322.
Siregar, H.H., Adlini, M.N. (2022). Discovery Learning Bebantuan Media Pembelajaran Audio Visual: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 8(2), 287-290.
Sudrajat, A. K., Sari, D. A. W., & Anggrella, D. P. (2023). Hubungan antara Faktor Eksternal dan Internal selama Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Menengah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 121. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17089
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90-103.
Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94-100.
Susilo, H., & Sudrajat, A. K. (2020). STEM Learning and its Barrier in Schools: The Case of Biology Teachers in Malang City. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012042
Wahdaniyyah., Adnan., Sulaeman. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMAN 7 Maros Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Berbasis Permainan Teka-Teki Silang. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 640-645.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |