Pengaruh Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik SMA Negeri 10 Yogyakarta

Atilla Nur Melania Aprilianti, Suratsih Suratsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) rancangan program Adiwiyata, 2) implementasi program Adiwiyata, dan 3) pengaruh implementasi program Adiwiyata terhadap literasi lingkungan peserta didik di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik SMA Negeri 10 Yogyakarta. Kemudian, diperoleh 80 sampel dengan Proportionate Stratified Random Sampling dari kelas X MIPA 2, XI MIPA 1, XII MIPA 4. Data juga diperoleh dari Kepala Sekolah, Koordinator Program Adiwiyata, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis data Miles dan Huberman serta teknik analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SMA Negeri 10 Yogyakarta telah menyusun rencana pelaksanaan program Adiwiyata melalui tahap demi tahap dengan baik hingga tersusunnya RGPBLHS, 2) Seluruh komponen program Adiwiyata telah berhasil diimplementasikan, 3) Program Adiwiyata yang dilaksanakan telah mampu memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan literasi lingkungan peserta didik. Rata-rata hasil literasi lingkungan peserta didik sebesar 72,20% dalam kategori baik.


Keywords


Implementasi, Program Adiwiyata, Literasi Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M.A., dkk. (2016). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak Akan Kelestarian Lingkungan. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 5(1), 86-106.

Anazifa, R.D. dan Ria F.H. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education).

Fatmawati, E. (2019). Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Peran Birokrasi dan Partisipasi Masyarakat. JIEMAN, 1(1), 58-76.

Fridantara, A.S. (2015). Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Hidayati, N. (2013). Perilaku Warga Sekolah dalam Mengimplementasikan Program Adiwiyata (Studi Kasus SMK Negeri 2 Semarang). Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Indahri, Y. (2020). Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata (Studi di Kota Surabaya). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), 121-134.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57-64.

Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi. Proceeding Biology Education Conference: Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, 13(1), 352-358.

Nurhikmah dan Enung H. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 272-281.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia 2013 No. 05. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Prastiwi, L., Daiana V.S., Rizhal H.R. (2020). Hubungan Antara Literasi Ekologi dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 47-61.

Rosivia. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 661-831.

Santoso, R., Fenny R., Joko S. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. JPPS, 10(2), 1976-1982.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 36-49.

Tamara, R. 2016. Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(1): 44-55.

Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta: Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. (2012). Panduan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
        

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.