PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKALPINANG

Istu Hanan Shafira, Suratsih Suratsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan E-LKPD berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan  nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Sampel penelitian yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test dan uji Effect Sizes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest  sebesar 66,67 sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 56,87. Hasil Independent T-test menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,021 < 0,05 sedangkan hasil uji Effect Sizes diperoleh nilai cohen’s d sebesar 0,6 dengan persentase sebesar 73%.  Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan besaran efek yang diberikan termasuk dalam kategori sedang.


Keywords


E-LKPD, problem based learning, keterampilan berpikir kritis, sistem ekskresi

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Banjarani, T., et al. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130-139.

Diani, R., et al. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2), 265-275.

Dores, J. I., et al. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMAT, 2(2), 242-254.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical

Thinking Dispotions and Abilities.

Fitriah U.N & Ismono. (2017). LKPD Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Unesa Journal of Chemical Education, 6(2), 238-242.

Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Univ. Negeri Yogyakarta ,53, 1689-99.

Kurniahtunissa, et al. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Noprianda, M., et al. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Virus. EDUSAINS, 8(2), 182-191.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, Ika., et al. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 1112-1119.

Setijowati. (2017). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi USD. Yogyakarta: Jurnal Penelitian.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Vegas, Susana Osiana. (2018). Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Pada Materi Sistem Ekskresi. S2 thesis, UNY.

Wahyuni, I.T., & Sari, P. M. (2021). Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 12-22.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.