PENYUSUNAN MODUL ELEKTRONIK PENYAKIT SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN BAGI SISWA KELAS XI

Arin Azzah Atiqoh, Suhandoyo Suhandoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun modul elektronik penyakit sistem pencernaan pada manusia yang dapat digunakan secara mandiri sebagai bahan pengayaan siswa kelas XI; (2) mengetahui kualitas modul pengayaan elektronik penyakit sistem pencernaan pada manusia berdasarkan ahli materi, ahli media, dan guru biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, namun dibatasi hanya sampai pada tahap ADD (Analysis, Design, Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul elektronik penyakit sistem pencernaan pada manusia sebagai bahan pengayaan siswa kelas XI MIPA dikembangkan menjadi modul elektronik dalam bentuk flipbook dengan melalui website online, yaitu fliphtml5.com. dengan link modul adalah sebagai berikut Modul Pengayaan Elektronik Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Kelas XI MIPA (fliphtml5.com)  (2) modul elektronik penyakit sistem pencernaan yang disusun layak digunakan dan dikembangkan pada tahap selanjutnya, yaitu IE (Implementation, Evaluation).

Keywords


modul elektronik, pengayaan, penyakit, sistem pencernaan

Full Text:

PDF

References


Arwildayanto, Arifin S, dan Warni TS. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoritik, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: Cendekia Press.

B.Uno, Hamzah dan Lina L. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Depdiknas. (2013). Undang–Undang Replublik Indonesia No. 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Subali, B. (2019). Prinsip Assesmen Dan Evaluasi Pembelajaran Edisi Ketiga. Yogyakarta: UNY press.

Sugihartono. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia. (2020). The Rome Foundation Merilis Data Penting Kejadian & Beban Penyakit Penyakit Fungsi Sistem Pencernaan dari Penelitian Epidemiologi Global. (Diakses pada tanggal 14 April 2022). Diakses pada https://pbpegi.com/language/id/the-rome-foundation-merilis-data-penting-kejadian-beban-penyakit-penyakit-fungsi-sistem-pencernaan-dari-penelitian-epidemiologi-global/




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.