PENYUSUNAN E-BOOK VIRUS SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATERI VIRUS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Ayu Candra Juniarti, Aloysius Suyitno

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengambangkan media belajar berupa e-book Virus. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan media belajar e-book materi Virus yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru dan 2) Mengetahui respons peserta didik terhadap e-book materi virus yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan biologi. Penelitian pendidikan biologi menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) tetapi terbatas sampai tahap development. Hasil dari penelitian ini yaitu, e-book materi Virus dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan guru, serta dinyatakan layak oleh ahli materi. Media e-book juga direspons sangat baik oleh siswa untuk digunakan sebagai media belajar

Keywords


e-book, media belajar, virus

Full Text:

PDF

References


A Lee, W & Owens D L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Izzaty, R. E. (2008). Perkembangan Peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Noorbella, M.D. 2018. Pengembangan Media Katalog Bahan Utama Untuk Mata Pelajaran Tekstil Di SMK Negeri Pringkuku Pacitan. Skripsi. Teknik Boga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Yanti, N.F & Sumianto. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021, hal 608-614. Diunduh dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/992/893

Yusuf, M.Y. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP. Vol. II/ Januari 2007.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.