PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH DIGITAL PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X

Muhamad Tegar Pratama, Slamet Suyanto

Abstract


Menurut hasil penelitian mengenai pembelajaran daring, hasil belajar yang didapatkan siswa kurang optimal sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran saat pembelajaran daring dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran biologi berupa majalah digital, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran majalah digital biologi pada materi virus untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X menurut ahli biologi dan ahli media, (3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran majalah digital biologi pada materi virus untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X, dan (4) mengetahui keefektivan media pembelajaran majalah digital biologi pada materi virus untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) majalah digital yang dihasilkan berupa dokumen PDF dengan susunan sebagai berikut: Cover (Halaman Sampul), Salam Redaksi, Daftar Isi, Halaman Pembuka, Halaman Isi, Glosarium, Mini Kuis, Daftar Pustaka, (2) media pembelajaran berupa majalah digital biologi valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli biologi dan ahli media, (3) media pembelajaran majalah digital biologi dinyatakan praktis digunakan berdasarkan penilaian guru biologi dan siswa, dan (4) media berupa majalah digital dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X dengan signifikansi hasil uji t terhadap skor pretest dan posttest sebesar 0,005 dan kurang efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan signifikansi hasil uji Wilcoxon terhadap skor angket kemandirian belajar sebesar 0,265.

Keywords


pengembangan, media, kemandirian, virus, majalah

References


Asih, B. B. (2020). Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDMU Ahmad Dahlan Braja Selebah. As-Salam I . 9 (2).

Hairun. (2020). Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Hidayat. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid -19. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34 (2).

Kurniawati. (2015). Pengembangan majalah biosmart invertebrata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Marifah. (2017). Pengembangan e-magazine berbasis website sebagai media pembelajaran IPA biologi untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Puri. (2019). Pengembangan e-magazine materi kesetimbangan kimia di SMAN 1 Kota Jambi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11 (1), 10 19.

Putra & Syelitiar. (2021). Systematic literatur review: Kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2 (2).

Rahayu. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada platform android sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Salim. (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekatan, dan jenis. Jakarta: Kencana.

Subali, B. (2017). Metodologi penelitian pendidikan biologi dan pendidikan sains pada umumnSUya. Yogyakarta: UNY.

Sudarisman. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2 (1) (29-35).

Sutangsa. (2021). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Indonesian Psychological Research, 3 (2), 2655 1640.

Zahro, Amalia, & Sugito. (2021). Deskripsi kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 12 (1).




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
        

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.