PENGEMBANGAN VLab UJI ZAT MAKANAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA

Desy Putrisari, Agung Wijaya Subiantoro

Abstract


Penelitian bertujuan untuk (1) untuk mengembangkan prototipe aplikasi media Virtual Laboratory Uji Zat Makanan, (2) mengetahui kelayakan dari media Virtual Laboratory Uji Zat Makanan dengan model pembelajaran discovery learning sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa SMA kelas XI IPA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang hanya dilakukan sampai tahap Development (ADD). Subjek dalam penelitian ini ialah dua ahli materi, dua ahli media, dua guru Biologi SMA, dan 28 siswa SMA kelas XI IPA. Pengumpulan data menggunakan instrumen review berupa angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi Virtual Laboratory Uji Zat Makanan untuk siswa SMA kelas XI IPA pada materi pokok sistem pencernaani. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi, serta tanggapan dari 28 siswa aplikasi Virtual Laboratory Uji Zat Makanan memenuhi kriteria minimal baik sehingga dapat dinyatakan layak untuk dikembangkan lebih lanjut. 


Keywords


R&D; ADDIE; Media; Android; Uji Zat Makanan

Full Text:

PDF

References


Cahyo, Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: PT. Diva Press.

Kristin, F., & Rahayu, D. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, 6(1), 84-92. Diambil pada 4 Februari 2022, dari https://www.researchgate.net/publication/315305309.

Molenda, M. 2015. In Search of The Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, Vol. 54, No. 2. Diambil pada 5 Oktober 2021, dari https://www.researchgate.net/publication/251405713 .

Rusman, D. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustaman, Nuryani dkk. (2015). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Sanjaya, Wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Program Pembelajaran. Modul PPs UNY. Yogyakarta: PPs UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.