Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA

Delta Miranda, Yuni Wibowo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi sistem pernapasan kelas XI SMA. Hal ini didasari dengan kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Wates menggunakan buku paket. Seluruh siswa memiliki smartphone, namun belum terdapat aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi sistem pernapasan kelas XI SMA; 2) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi sistem pernapasan menurut ahli media, ahli materi dan guru biologi; 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap prototipe media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (RnD) model ADDIE. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development, karena keterbatasan biaya dan perbedaan waktu implementasi materi sistem pernapasan dengan waktu penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, lembar penilaian guru dan angket uji keterbacaan siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil validasi ahli media sebesar 98,07% atau sangat layak digunakan. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 84,25 % atau layak digunakan. Hasil penilaian oleh guru biologi menunjukkan media pembelajaran ini sangat layak sebagai media pembelajaran biologi, siswa juga memberikan respon sangat baik terhadap prototipe media pembelajaran ini.

 

Kata Kunci : pengembangan, media pembelajaran, aplikasi android,  sistem pernapasan, validitas.


Keywords


pengembangan, media pembelajaran, aplikasi android, sistem pernapasan, validitas

Full Text:

PDF

References


A., & Adelphia. (2015). Pintar Mengoperasikan iPhone. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017, 96-102.

Herwati, “Pengembangan Media Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi,” Jurnal Lentera PendidikanLPPM UM Metro 1, no. 1 (2016): 32

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Diakses pada 14 Juni 2021 Pukul 20.30 WIB melalui https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-nomor-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19.

Kiswanto, H. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komuter pada Materi Dimensi Tiga. MATHEdunesa,1 (1).

Nurhakima Ritonga. (2016). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP ABDI NEGARA ASAM JAWA.WAHANA INOVASI VOLUME 5 No.2 JULI-DES 2016 ISSN : 2089-8592.

Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.