KARAKTERISTIK POHON INANG SEBAGAI SUBSTRAT BRYOPSIDA EPIFIT PADA BERBAGAI JENIS AREA DI HUTAN ALAM TURGO, HARGOBINANGUN, PAKEM, KABUPATEN SLEMAN

Muhammad irfan, Tien Aminatun, Ratnawati Ratnawati

Abstract


Penelitian tentang keragaman bryopsida epifit telah dilakukan di Hutan Alam Turgo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter pohon inang pada bryopsida epifit di berbagai jenis area. Area pengamatan terbagi dalam 3 area yaitu Hutan Adopsi merapi, Alas Tegal dan Hutan Bingungan. Terdapat 9 plot dengan luas 20 x 20 m2 berjarak sekitar 50 meter setiap plotnya. Hutan Adopsi Anggrek merupakan area dengan rata-rata 3,7 jenis tiap pohon inang sampel. Pohon yang teramati terbagi dalam 11 spesies. Pohon inang dengan bryopsida epifit terbanyak yaitu Puspa (Schima wallichii) dengan total frekuensi kehadiran bryopsida epifit sebesar 14,77.
Kata kunci: Bryopsida, epifit, bukit Turgo.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i6.13919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.