TOKSISITAS LIMBAH CAIR NATA DE COCO TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO) DAN STRUKTUR HISTOLOGIK INSANGNYA

Fera Aulia, Sukiya Sukiya, Tri Harjana, IGP Surya Dharma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh toksisitas limbah cair nata de coco terhadap kelangsungan hidup ikan mas (Cyprinus carpio) dan struktur histologik insangnya. Jenis penelitian eksperimen satu faktor. Objek yang digunakan adalah ikan mas berumur 1 bulan, berukuran 3-5 cm, dan berat 0,8-1,0 gram. Perlakuan terdiri atas lima variasi kadar limbah (1,58%; 2,52%; 4,01%; 6,38%; dan 10%) serta satu perlakuan tanpa limbah cair nata de coco sebagai kontrol. Terdapat 3 ulangan pada setiap perlakuan, masing-masing ulangan terdiri dari 10 ikan. Dilakukan uji probit untuk mengetahui LC50-96 jam dan kadar aman dari limbah cair nata de coco. Pengaruh kadar limbah terhadap mortalitas ikan mas diketahui dengan uji univariat. Pengamatan struktur histologik insang ikan mas dilakukan dengan menghitung luas area respiratorik dan mengamati kerusakan sel mulai dari tahapan edema, hiperplasia hingga nekrosis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah cair nata de coco mempengaruhi kelangsungan hidup ikan mas dan struktur histologik insangnya.
Kata kunci: Ikan mas, limbah cair nata de coco, mortalitas, struktur histologik insang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i6.13916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.