PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS KUPU-KUPU BERDASARKAN INSEKTARIUM YANG TERDAPAT DI SANGGALURI PARK PURBALINGGA

Silviana Rosiana Dewi, Triatmanto Triatmanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui potensi insektarium kupu-kupu Sanggaluri Park sebagai alternatif sumber belajar biologi, (2) menghasilkan modul pengayaan keanekaragaman jenis kupu-kupu berdasarkan insektarium yang terdapat di Sanggaluri Park bagi peserta didik kelas X SMA yang memenuhi kaidah kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan. Penelitian ini merupakan penelitian R and D. Obyek penelitian ini berupa modul pengayaan dan subyek penelitian berupa dosen ahli, guru biologi, dan peserta didik. Analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) insektarium kupu-kupu yang terdapat di Sanggaluri Park memiliki potensi sebagai sumber belajar biologi, (2) modul yang disusun memiliki kategori sangat baik pada aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan.
Kata kunci: Insektarium Kupu-Kupu, Keanekaragaman Jenis, Modul Pengayaan, Sanggaluri Park

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i5.13879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.