PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM SIRKULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Anis Rani Zakiyah, Yuni Wibowo, Ciptono Ciptono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis Android materi sistem sirkulasi pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa; (2) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran materi sistem sirkulasi pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dibatasi hanya pada tahap ADD (Analysis, Design, Development). Subjek penelitian yaitu 3 dosen ahli media, 3 dosen ahli materi, 1 guru biologi dan 30 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Cangkringan. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran biologi berbasis Android materi sistem sirkulasi pada manusia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas media pembelajaran, lembar tanggapan siswa, angket motivasi belajar, dan soal tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran yang disusun masuk dalam kategori baik, dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, Sistem Sirkulasi dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i4.13726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.