PENGEMBANGAN E-MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS TANAMAN PANGAN UMBI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA

Muhammad Fajar Fathu Rhohman, Slamet Suyanto, ratnawati ratnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pengayaan materi keanekaragaman hayati yang layak digunakan untuk siswa kelas X SMA dan mengetahui keefektifan penggunaan modul pengayaan materi keanekaragaman hayati dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X SMA. Penelitian menggunakan desain pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi hingga tahap development. Subjek penelitian terdiri atas 3 dosen ahli materi, 3 dosen ahli media, 2 guru biologi dan 14 siswa kelas X SMAN 2 Wonosari. Objek penelitian ini adalah e-modul pengayaan Keanekaragaman Hayati. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan modul, angket kemandirian, lembar observasi kemandirian, dan soal tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pengayaan materi keanekaragaman hayati layak digunakan sebagai bahan ajar. (2) modul pengayaan materi keanekaragaman hayati efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa X SMA. Peningkatan kemandirian belajar siswa dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,61, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa juga dikategorikan sedang dengan nilai gain score 0,62.
Kata kunci: Hasil belajar, keanekaragaman hayati, kemandirian belajar, modul pengayaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i3.13712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.