ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA PERINTIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI KEFAVORITAN SEKOLAH

Estu Ria Dwi Yulianingsih, Paidi Paidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil Keterampilan Proses Sains (KPS) mata pelajaran biologi, siswa kelas XI SMA Perintis Implementasi Kurikulum 2013 Kabupaten Sleman ditinjau dari kefavoritan sekolahnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian sebanyak 108 siswa kelas XI dari empat SMA Perintis Implementasi Kurikulum 2013 Kabupaten Sleman yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes konfirmatori dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa profil KPS siswa kelas XI di Kabupaten Sleman tergolong dalam kategori sedang dengan rerata skor sebesar 20,19. Persentase penguasaan aspek keterampilan proses sains dasar lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses sains terintegrasi. Persentase tertinggi terletak pada keterampilan berkomunikasi (98%) dan penguasaan terendah pada keterampilan identifikasi variabel (37%). Rerata skor KPS sekolah favorit (22,67) cenderung tinggi dibandingkan dengan rerata skor KPS di sekolah tidak favorit (18,2). Hasil analisis menggunakan uji U-Mann Whitney menunjukan perbedaan yang nyata rerata skor KPS di sekolah favorit dengan sekolah tidak favorit.
Kata kunci: profil, keterampilan proses sains, biologi, kurikulum 2013, kefavoritan sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i2.13709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.