PENGEMBANGAN MEDIA EDUCATIONAL GAME “BIO-MONOPOLI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SUBMATERI RANGKA DAN TULANG, MATERI SISTEM GERAK UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI IPA

Rika Nuryani Suwarno, Suratsih Suratsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media educational game “Bio-Monopoli” sebagai media pembelajaran submateri Rangka dan Tulang, materi Sistem Gerak untuk siswa SMA/MA kelas XI IPA semester 1; (2) mengetahui kelayakan media “Bio-Monopoli”; dan (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan “Bio-Monopoli”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 10 tahapan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, guru, ahli media, dan siswa kelas XI IPA MAN 1 Sleman. Data dikumpulkan dengan teknik purposive random dan insidental sampling menggunakan kuesioner. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif. Data motivasi belajar siswa dianalisis dengan Wilcoxon Signed Rank Test dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media “Bio-Monopoli” yang dihasilkan sangat baik dan sangat layak ditinjau dari aspek rekayasa media, komunikasi visual, dan pembelajaran. Terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media. Kenaikan motivasi belajar termasuk dalam kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,424.
Kata kunci: “Bio-Monopoli”, motivasi belajar, materi Sistem Gerak
Abstract

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i2.13705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.