PENYUSUNAN LKS SISTEM KOORDINASI BERBASIS GROUP INVESTIGATION PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PADA SISWA DI SMA N 1 PLERET

Gabriel Rian Geraldo, Yuliati Yuliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengembangakan media pembelajaran biologi dengan materi Sistem Koordinasi. (2) mengetahui adakah pengaruh terhadap motivasi belajar siswa; (3) mengetahui adakah pengaruh terhadap penguasaan materi Sistem Koordinasi. Penelitian menggunakan metode Reasearch and Devlopment (R&D) dengan model pengembangan ADD yaitu Analysis, Design, Development. Penilaian produk dilakukan oleh dua dosen ahli materi, dua dosen ahli media dan dua guru biologi serta respon siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket, soal pretest dan posttest. Analisis yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian menunjukan (1) LKS berdasarkan review oleh dosen ahli materi dan media serta guru biologi termasuk kriteria baik dengan beberapa aspek yang harus diperbaiki dan berdasarkan hasil penilaian oleh siswa dikategorikan layak. (2) Lembar Kegiatan Siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. (3) Lembar Kegiatan Siswa berpengaruh terhadap penguasaan materi berdasarkan nilai KKM.
Kata kunci : LKS, sistem koordinasi, motivasi, penguasaan materi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i1.13703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.