PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD KELAS 1-3 DI UPT YOGYAKARTA UTARA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Fajar Gunadi, Bambang Subali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas 1-3 di UPT Yogyakarta Utara ditinjau dari jenis kelamin serta kaitannya dengan pekerjaan orangtua dan bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah populasi hipotetik yang berupa peserta didik SD kelas 1-3 yang memiliki karakteristik seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas 1-3 SD tahun ajaran 2017/2018 di UPT Yogyakarta Utara yang mengerjakan tes bentuk tiga pilihan. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes tulis. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas 1-3 di UPT Yogyakarta Utara tergolong sedang. Terdapat perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan. Tidak ada perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan pada pekerjaan orangtua yang sama. Terdapat perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan pada pekerjaan orangtua dan bimbingan belajar yang sama.
Kata kunci: penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA, tes bentuk tiga pilihan, jenis kelamin

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i1.13700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.