PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN BIOLOGI MATERI STUNTING UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA

Mia Noor Shafira, Yuni Wibowo, Tutiek Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul pengayaan biologi materi stunting pada baduta yang dihasilkan serta mengetahui respon siswa terhadap modul pengayaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai ADD (Analysis, Design, and Development). Data diperoleh dari 2 ahli materi, 2 ahli media, 1 guru biologi, dan 30 siswa. Hasil penelitian kualitas modul pengayaan dari ahli materi menunjukkan bahwa terdapat 33 konsep yang benar dari 34 konsep yang sudah diperbaiki, kategori baik menurut ahli media sebesar 57% dan guru sebesar 90% berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan. Hasil respon siswa mendapat kategori baik dengan persentase sebesar 65%.
Kata kunci: stunting, modul, pengayaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i1.13642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.