PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCIENTIFIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PADA MATERI KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIAL BASED ON SCIENTIFIC METHOD TO IMPROVE HIGHT-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) AND DEVELOP SOCIAL ATTITUDE IN THE SUBJECT MATTER MAGNETISM AND ITS UTILIZATION

Meriyanto Meriyanto, Joko Sudomo, Allesius Maryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar berbasis scientific method yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan sikap sosial (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis scientific method, (3) mengetahui perkembangan sikap sosial peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis scientific method. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4 D Model dari Thiagarajan (1974) yang mempunyai empat tahapan berupa : define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dosen ahli dan guru SMP sebelum dilakukan uji coba produk. Kegiatan ujicoba produk dilakukan di kelas IX F SMP Negeri 7 Yogyakarta. Data peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik diperoleh melalui pretest dan postes, sementara perkembangan sikap sosial peserta didik diperoleh memalui kegiatan observasi sikap sosial. Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis scientific method yang dinyatakan layak dengan skor 146,0 dari 180 dan termasuk kategori baik (B). Kegiatan uji coba produk dapat diketahui, peningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik dengan skor mengalami peningkatan sebesar 0,49 dan termasuk kategori sedang. Sementara perkembangan sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan persentase penguasaan pada pertemuan pertama sebesar 79,7 % menjadi 90,8 % pada pertemuan kelima.

Kata kunci: bahan ajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), scientific method, sikap sosial

The aims of this research are (1) to produce teaching materials based on scientific methods that are feasible to increase HOTS and developing social attitudes (2) to determine the improvement of high-order thinking skills (HOTS) after attending learning by using teaching materials based scientific method, (3) to determine the development of social attitudes after attending learning by using teaching materials based scientific method. This research uses 4 D Models by Thiagarajan (1974) which has four phases, beginning with: define, design, develop, and disseminate. Teaching materials prduced assessed by expert lecturer and science teacher before conduct developmental testings. Developmental testing activities done in class IX F SMP Negeri 7 Yogyakarta. Data improvmen of capability hight order thinking learners that analized of the pretest and posttest result. Development of social attitudes of learners got by obverving learners. This research produced a teaching material based scientific method which feasible with a score of 146.0 from 180,0 and with good category (B). Based on developmental testing, known that improvement score of high-order thinking skills (HOTS) learners is 0.49 primarily to the moderate category. Mainwhile development of social attitudes of learners increase persetage of achievemet for social attitudes 79,7 % at the first meeting and inceased to 90,8 % at the fifth meeting .

Key word: teaching materials, scientific method, hight order tinking skills, social attitudes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.