PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF PADA MATERI RANGKA DAN OTOT MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitiandilatarbelakangipermasalahankurangnya media pembelajaran yang memfasilitasikemandirianbelajarpesertadidik.Tujuanpenelitianuntukmengetahui: (1) kelayakan Multimedia Pembelajaran IPA nteraktifmateriRangkadanOtotManusia, dan (2) peningkatankemandirianbelajarpesertadidikmenggunakan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif.
PenelitianResearch and Development (R&D)mengadaptasidesainpengembangan 4-D menurutThiagarajan yang terdiridariempattahapan: define, design, develop,disseminate. Subjekpenelitianadalah 36 pesertadidikkelas VIII-F SMP N 2 Klaten semester I tahunajaran 2015/2016.Instrumenberupaangketkelayakan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif, angketresponpesertadidikterhadap Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif, lembarobservasikemandirianbelajar, danangketkemandirianbelajar. Data dikonversikankeskalalikertempatpoin.Peningkatankemandirianbelajardihitungdenganujisignifikansit-testberkorelasimenggunakanpretest danposttest group design.
Hasilpenelitianadalah (1) Multimedia Pembelajaran IPA Interaktifdikategorikansangatbaikdenganhasilpenilaian 3,45. Kelayakandidukungresponpesertadidikdengankategorisangatbaikdengannilai 3,19, dan (2) Multimedia Pembelajaran IPA Interaktifdapatmeningkatkankemandirianbelajarpesertadidik. Peningkatansignifikandibuktikanujisignifikansiuji-t berkorelasimelaluiangketdanlembarobservasikemandirianbelajar.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif, kemandirianbelajar, rangkadanotot
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |