PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCESPADA TEMA “CAHAYA DAN PENGLIHATANKU”UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VIII

Nurbaiti Roisah, Zuhdan Kun Prasetyo, Susilowati Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPA berbasis Multiple Intelligences yang layak, dan
mengetahui peningkatan keterampilan proses sains, serta  respon peserta didik setelah menggunakan LKPD
pengembangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu Research and Development
(R&D) yang mengadaptasi model 4-D dari Thiagarajan. Model penelitian ini terdiri dari 4 tahap penelitian dan
pengembangan, yaitu: 1) Define, 2) Design 3) Develop,4) Disseminate. Penelitian ini melibatkan 2 dosen ahli, 2 guru
IPA, serta 33 siswa untuk menilai kelayakan LKPD pengembangan ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini meliputi lembar validasi LKPD IPA, lembar uji keterbacaan LKPD, lembar observasi keterampilan proses sains
peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran, serta angket respon peserta didik terhadap LKPD. Analisis yang
digunakan yaitu berupa analisis deskriptif untuk kelayakan LKPD IPA, peningkatan keterampilan proses sains yaitu
dengan perhitungan rata-rata capaian keterampilan proses tiap pertemuan, respon peserta didik terhadap LKPD
berdasarkan saran dan  skor penilaian angket respon.Hasil penelitian adalah sebuah  LKPD IPA berbasis Multiple
Intelligences pada tema “Cahaya dan Penglihatanku” yang layak dengan  kategori sangat baik. LKPD ini dapat
meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan kategori peningkatan dari cukup menjadi baik.  Selain
itu, peserta didik juga memberikan respon positif terhadap pengembangan LKPD ini.
Kata kunci : Keterampilan proses sains,  LKPD IPA, Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.