PENGARUH PENGGUNAAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Titis Akmalia Sholihah, Allesius Maryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana tsunami siswa SMP antara kelas yang menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa SMP antara kelas yang menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri dengan kelas yang kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kesiapsiagaan bencana tsunami dan pemahaman konsep siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasy exsperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Girisubo Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk mengetahui peningkatan hasil pretest dan posttest menggunakan perhitungan nilai n-gain, dan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji independent t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana tsunami siswa SMP N 2 Girisubo antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa SMP N 2 Girisubo antara eksperimen dan kelas kontrol, dan (3) terdapat pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap kesiapsiagaan bencana tsunami dan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa mengenai bencana tsunami sehingga kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana tsunami juga meningkat.
Kata Kunci : Kesiapsiagaan Bencana, Model Pembelajaran Inkuiri, Pemahaman Konsep, Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.