PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN METODE ILMIAH PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Ahda Luthfi Ani, Insih Wilujeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap keterampilan metode ilmiah peserta didik SMP pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent-control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena sampel diambil berdasarkan kriteria rata-rata nilai akhir semester gasal kelas VII yang hampir sama. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan Model Learning Cycle 7E dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M. Data keterampilan metode ilmiah diperoleh dari pretest, posttest, dan lembar observasi keterampilan metode ilmiah. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent t-test. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai Sig.(2-tailed) pada bagian baris atas equal variances assumed. Nilai Sig(2-tailed=0,000)< ⁄α(0,05) maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metode ilmiah dengan indikasi perbedaan sebesar 90% yang termasuk kedalam kategori tinggi.
Kata Kunci: Keterampilan metode ilmiah, Model Learning Cycle 7E, Pemanasan Global.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.