PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN IPA MODEL BAJAH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MUNGKID

Meilisa Utaminingsih, Insih Wilujeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran IPA Model Bajah berbasis Problem Based Learning terhadap: (1) pemahaman konsep peserta didik di SMP N 1 Mungkid dan (2) sikap peduli lingkungan peserta didik peserta didik di SMP N 1 Mungkid.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mungkid berjumlah 240 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII B sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul IPA Model Bajah berbasis Problem Based Learning, dan kelas VII A sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar buku siswa (5M). Teknik pengambilan data pada penelitian yaitu teknik tes berupa pretest-posttest untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik dan non-tes berupa angket sikap peduli lingkungan peserta didik yang diberikan di awal dan akhir pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji independent sample t-test, gain ternormalisasi (N-gain), dan effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan modul pembelajaran model Bajah berbasis Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep peserta didik di SMP Negeri 1 Mungkid yang didukung oleh kriteria gain ternormalisasi sedang dan besar pengaruh (effect size) berkriteria sedang (2) penggunaan modul pembelajaran model Bajah berbasis Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik di SMP Negeri 1 Mungkid yang didukung oleh nilai gain ternormalisasi dengan kriteria sedang dan besar pengaruh (effect size) dengan kriteria tinggi.
Kata kunci: model Bajah, modul IPA, pemahaman konsep, pengaruh penggunaan modul, problem based learning, sikap peduli lingkungan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.