PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIPA ORGANA AUDIO STYROFOAM PADA MATERI “GETARAN DAN GELOMBANG” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII

Syarifudin Rosyid, Insih Wilujeng, Sabar Nurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan media pembelajaran pipa organa audio styrofoam yang layak ditinjau dari aspek fisik dan kegunaan (2) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media yang telah dikembangkan (3) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada siswa selama menggunakan media yang telah dikembangkan.
Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan Research and Development (R&D) model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini dirancang sampai pada tahap Disseminate terbatas. Penelitian ini melibatkan 2 Dosen Ahli sebagai validator dan 1 Guru IPA , serta 32 siswa kelas VIII E SMP N 1 Seyegan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi LKS, soal pretest-postest, lembar observasi keaktifan siswa, dan lembar validasi media dan materi. Teknik analisa data yang menggunakan anilisa deskriptif hasil validasi, persen capaian peningkatan aktivitas belajar siswa dan gain score.
Media Pembelajaran Pipa Organa Audio Styrofoam pada materi “getaran dan gelombang” hasil pengembangan mempunyai kualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai A berdasarkan hasil Validasi. Media Pembelajaran Pipa Organa Audio Styrofoam dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan capaian sebesar 87,18%. Media Pembelajaran Pipa Organa Audio Styrofoam juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dibuktikan dengan perolehan gain score sebesar 0,730 dengan kategori tinggi
Kata Kunci : media tiga dimensi, getaran dan gelombang, pemahaman konsep, aktivitas belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.