PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MEDIA SOSIAL EDMODO TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SISWA KELAS VII SMPN 1 MLATI

Verra Dwi Pratiwi, Sabar Nurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) perbedaan kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VII antara siswa dengan pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo dan siswa dengan pembelajaran IPA menggunakan media proyektor LCD, dan (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo terhadap literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VII SMP N 1 Mlati pada materi pokok pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Mlati tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang terambil yakni VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa dan VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran IPA 5M dengan media sosial edmodo, sedangkan pembelajaran kelas kontrol adalah pembelajaran IPA 5M dengan media proyektor LCD. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal pretest dan posttest bermuatan literasi sains aspek kompetensi serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji beda variansi dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VII SMPN 1 Mlati dengan pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo dibandingkan pembelajaran IPA menggunakan media proyektor LCD ditunjukkan dengan hasil analisis uji independent sample t test terhadap nilai posttest siswa yang menghasilkan nilai signifikasi 0,000 {sig. (2-tailed) < ½ α} dengan tingkat kepercayaan 95%. Pembelajaran IPA berbasis media sosial edmodo berpengaruh positif terhadap literasi sains aspek kompetensi kelas VII SMPN 1 Mlati dengan kriteria berpengaruh besar ditilik dari perhitungan Cohen ‘d (effect size) yang menghasilkan nilai pengaruh sebesar 1,52.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Media Sosial Edmodo, Literasi Sains Aspek Kompetensi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.