HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN ANALISIS KASUS DAN GRAFIK SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI GERAK MAKHLUK HIDUP DAN MAKHLUK TAK HIDUP

Imro Atul Husna, Dadan Rosana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara kompetensi matematis dengan kemampuan analisis kasus siswa SMP kelas VIII pada materi gerak makhluk hidup dan makhluk tak hidup, (2) mengetahui hubungan antara kompetensi matematis dengan kemampuan analisis grafik siswa SMP kelas VIII pada materi gerak makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Sampel diambil 30 siswa dari populasi 101 siswa kelas VIII dengan teknik purposive sampling. Data kompetensi matematis diambil dari nilai matematika siswa kelas VIII pada penilaian akhir semester (PAS) semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dan nilai ujian nasional (UN) matematika siswa ketika SD. Data kemampuan analisis kasus siswa diperoleh dari tes kemampuan analisis kasus dengan mengujikan soal ranah C4 yang memuat kasus, sedangkan data kemampuan analisis grafik siswa diperoleh dari tes kemampuan analisis grafik dengan mengujikan soal ranah C4 yang memuat grafik. Pengambilan data kemampuan analisis kasus dan grafik materi gerak makhluk hidup dan makhluk tak hidup dilakukan pada akhir semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi ganda. Uji normalitas, linieritas, dan korelasi ganda dilakukan menggunakan SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis data kompetensi matematis dengan kemampuan analisis kasus menggunakan uji korelasi ganda, diperoleh nilai Fhitung = 92,071 dimana > Ftabel = 3,35. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi matematis dengan kemampuan analisis kasus siswa SMP kelas VIII pada materi gerak makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Demikian pula dengan hasil uji korelasi kemampuan analisis grafik dengan kompetensi matematis diperoleh nilai Fhitung = 25,407 dimana > Ftabel = 3,35. Dengan demikian dapat disimpulkan pula bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi matematis dengan kemampuan analisis grafik siswa SMP kelas VIII pada materi gerak makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
Kata kunci: kompetensi matematis, kemampuan analisis kasus, kemampuan analisis grafik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.