UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT DI SMPN 1 MUNGKID KELAS VII D

Aldyana Pertiwi Farizky, Zuhdan Kun Prasetyo, Susilowati Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan proses dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa dan hasil belajar kognitif IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament di kelas VII D SMPN 1 Mungkid; (2) Meningkatkan kemampuan kerja sama siswa dan hasil belajar kognitif IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament di kelas VII D SMPN 1 Mungkid. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa berupa: (1) lembar observasi kemampuan kerjasama siswa; (2) angket kemampuan kerjasama siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar kognitf IPA berupa soal pre-test dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil: (1) proses dalam meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dan hasil belajar kognitif melalui tahapan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament berupa mengajar, belajar tim, turnamen, dan penghargaan kelompok. (2) kemampuan kerjasama siswa meningkat pada persentase keseluruhan aspek dengan kategori “Tinggi” pada lembar observasi dan lembar angket. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan persentase rata-rata keseluruhan siswa yang mencapai nilai KKM 80 sebesar 82,14%.
Kata kunci : kemampuan kerjasama siswa, model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament, hasil belajar kognitif IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.