PENGEMBANAN POCKET BOOK IPA BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING

Eka Adytianto, Sabar Nurohman, Asri Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan bahan ajar pocket book IPA yang dikembangkan
menurut ahli dan guru, (2) respon peserta didik terhadap pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry
learning, (3) kemampuan problem solving peserta didik setelah menggunakan pocket book IPA berpendekatan
authentic inquiry learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (four-D).
Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (desain), pengembangan (develop),
dan penyebarluasan (disseminate). Subjek penelitian adalah  dosen ahli,  guru IPA, dan peserta didik kelas VIII F
SMP Negeri 2 Piyungan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk dosen ahli dan guru
IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning, angket respon peserta didik
terhadap pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning, lembar observasi kemampuan problem, dan
instrumen soal posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil
penelitian dari pengembangan pocket book IPA adalah (1) Pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry
learning yang dikembangkan dinilai sangat baik oleh dosen ahli dan guru serta layak digunakan dalam
pembelajaran IPA, (2) peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap pocket book IPA berpendekatan
authentic inquiry learning hasil pengembangan, (3) kemampuan problem solving peserta didik setelah
menggunakan pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning berada pada kategori sangat baik.
 
Kata Kunci: Pocket Book IPA, Pendekatan Authentic Inquiry Learning, Kemampuan Problem Solving


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): -

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.