PENGEMBANGAN LKPD IPA DENGAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING PADA SUB MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Wulan Ambar Pratiwi, asri widowati, widodo Setiyo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKPD IPA yang dihasilkan dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning; (2) mengetahui pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik; dan (3) mengetahui pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik.    Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  dengan  mengadaptasi  model  4-D  Thiagarajan  & Semmel. Model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan)  dan  disseminate  (penyebaran)  namun  tahap  ini  tidak  dilakukan.  Instrumen  yang  digunakan meliputi lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi problem solving, soal pretest dan posstest, angket sikap ingin tahu dan lembar observasi sikap ingin tahu. Penelitian ini melibatkan 3 dosen ahli dan 3 guru IPA sebagai validator, serta 33 peserta didik kelas VII G SMP 1 Sleman  sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Reliabilitas kelayakan LKPD melalui Uji Borich, gain score problem solving, persentase problem solving dan persentase sikap ingin tahu. Hasil penelitian diperoleh (1) kelayakan LKPD IPA yang telah dihasilkan dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning pada sub materi “Fotosintesis” ini termasuk dalam kategori sangat baik (A). Reliabilitas kelayakan LKPD yaitu sebesar 93,47% sehingga memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar. (2) LKPD IPA dapat meningkatkan problem solving dengan hasil perhitungan gain score 0,39 dengan kategori sedang. Persentase problem solving peserta didik melalui observasi meningkat sebesar 15,35 % dari kategori cukup menjadi baik. (3) LKPD IPA berpotensi meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik yang dibuktikan dengan peningkatan pada setiap pertemuan dari kategori baik menjadi sangat baik.

 

Kata kunci: LKPD IPA, Authentic Inquiry Learning, Problem Solving, Sikap Ingin Tahu.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.