PENGEMBANGAN HANDOUT IPA “KALOR DAN PERPINDAHANNYA” DENGAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII

Santika Octavian Hastogiri, Joko Sudomo, Ekosari Roektiningroem

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan handout  IPA dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:  1) kelayakan handout, 2) respon peserta didik terhadap handout, 3) peningkatan motivasi belajar peserta didik, 4) keterampilan berpikir kritis peserta didik.Pengembangan handout dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk menetapkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di sekolah. Tahap design menghasilkan produk awal. Tahap develop dilakukan penilaian oleh ahli (expert appraisal) dan uji coba (developmental testing). Penilaian dilakukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru IPA yang hasilnya digunakan sebagai perbaikan produk akhir. Tahap disseminate hanya dilakukan pada sekolah yang menjadi objek penelitian.Hasil penelitian ini adalah: 1) Handout  IPA yang dikembangkan layak diujicobakan, dengan rata-rata penialaian handout  yang dikembangkan memperoleh nilai A dengan kategori baik. 2) Hasil respon peserta didik terhadap handout dari aspek materi dan media diperoleh nilai A dengan kategori sangat baik. 3) Handout yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik  dengan selisih persentase motivasi awal dan akhir sebesar 16,57%. 4) Hasil Observasi dari enam aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh persentase dari rendah ke tinggi yaitu, menghubungkan, mengelompokkan, menganalisis, membandingkan, membuat kesimpulan dan merangkai. Rata-rata persentase dari enam aspek tersebut bahwa handout dapat melatih ketempilan berpikir kritis peserta didik  dengan kategori kuat.

Kata Kunci: Handout, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.