PENGEMBANGAN MONOGRAF “AUGMENTED CHEMISTRY ALDEHIDA & KETON” BERILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN KIMIA

Latifah Adelina Damayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jaslin Ikhsan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan monograf “Augmented Chemistry Aldehida & Keton” berilustrasi 3 Dimensi (3D) sebagai suplemen pembelajaran Kimia serta menentukan kualitas monograf berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Produk awal ditinjau oleh dosen pembimbing, satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dan tiga peer reviewer. Kualitas monograf dinilai menggunakan instrumen yang terdiri dari 5 aspek penilaian, yaitu aspek kelayakan isi/materi, penyajian, bahasa dan gambar, kegrafikaan, serta rekayasa perangkat lunak. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian dikonversi menjadi data kuantitatif untuk menentukan kualitas monograf yang dikembangkan. Hasil penelitian berupa monograf berjudul “Augmented Chemistry Aldehida & Keton” dengan ilustrasi 3D dan berbasis Augmented Reality yang dilengkapi dengan marker. Berdasarkan penilaian kelima reviewer, buku pengayaan ini mempunyai kualitas sangat baik sehingga layak digunakan sebagai sumber  belajar kimia.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, XII (2): 216-231.

http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/viewFile/449/360.

Farida, Ida. (2009). The Importance of Development of Representational Competence in Chemical Problem Solving Using Interactive Multimedia. Proceeding Of The Third International Seminar on Science Education. https://www. academia.edu/4554006.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2): 1-10.

http:// journal.uny.ac.id/index.php/jpaku n/article/view/949.

Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8 (1): 19-28.

http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/706/570.

Hasibuan, A.M. (2009). Pemberdayaan Perpustakaan dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pengguna Pustaka. Jurnal Iqra’, 3 (1): 39-47.

http://oaji.net/articles/2015/1937- 1429577298.pdf.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 tahun 2008 tentang Buku. Jakarta: Depdiknas.

Saputra, Wawan & Purnama, B.E. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4 (2): 60-67. http://ijns.org/ journal/index.php/speed/.

Situmorang, Manihar. (2013). Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA melalui Inovasi Pembelajaran dan Integrasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1 ( 1): 237-241.

http://jurnal. fmipa.unila.ac.id/index.php/semir ata/article/view/817.

Sulistyani, N. H. D., Jamzuri, & Rahardjo, D. Th. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1): 164-172.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.p hp/pfisika/article.

Suryaman, Maman. (2006). Dimensi-dimensi Kontekstual dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Diksi, 13 (2): 165-171.

http://journal. uny.ac.id/index.php/diksi/article/v iew/6456.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia