ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI SDGs UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI BERPIKIR SISTEM DAN KESADARAN LINGKUNGAN

Ajeng Novikadila, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Lis Permana Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pembelajaran kimia yang masih menekankan isi daripada proses akan menghambat tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Langkah konkret yang dapat dilakukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu dengan menerapkan pendekatan berpikir sistem. Salah satu model pendekatan berpikir sistem yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia adalah model tetrahedral Mahaffy. Model ini memiliki empat dimensi yaitu dimensi simbolik, molekuler, makroskopik, dan human element. Dengan adanya dimensi human element yang dikaitkan dengan isu-isu lingkungan, diharapkan dapat menguatkan kompetensi berpikir sistem dan kesadaran lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya penerapan pendekatan berpikir sistem model tetrahedral Mahaffy pada pembelajaran kimia dan mendeskripsikan kaitan antara model tetrahedral Mahaffy dengan kesadaran lingkungan siswa sehingga tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai di bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey eksploratif. Hasil penelitian ini berupa analisis deskriptif tentang pentingnya pendekatan berpikir sistem dalam pembelajaran kimia dan keterkaitan antara berpikir sistem dengan kesadaran lingkungan siswa. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa penerapan model tetrahedral Mahaffy dengan memuat isu lingkungan penting diterapkan dalam pembelajaran kimia yang dapat dimuat di LKPD dengan menggunakan model tetrahedral Mahaffy.

Full Text:

PDF

References


Casnan., Hadiana, O., Manan, N. A., Hermawan., & Hardiyanto, A. (2023). Learning innovation in Malaysia with a system thinking approach. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1-8.

Clark, S., Petersen, J. E., Frantz, C. M., Roose, D., Ginn, J., & Daneri, D. R. (2017). Teaching systems thinking to 4 th and 5 th graders using Environmental Dashboard display technology, Journal of Plos One, 12, 1–11.

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4(1), 42-52.

Indrayanti, N. Y., Saputro, S., & Sungkar, R. L. (2020). Problem-solving and problem-posing learning model enriched with the multiple representation in tetrahedral chemistry to enhance students’ conceptual understanding. Edusains, 12(1), 123-134. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13282

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .2013.Permendikbud No.81 A Kurikulum

Kieftiany, V. (2023). Pentingnya kesadaran lingkungan dalam kimia untuk menuju penggunaan bahan ramah lingkungan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 02(4), 275-279.

Kioupi & Voulvoulis. (2019). Education for sustainable development: a systemic framework for connecting the SDGs to educational outcomes. Sustainability, 11 (21) 6104. https://doi.org/10.3390/su11216104.

Mahaffy, P., Krief, A., Hopf, H., Mehta, G., & Matlin, S. A. (2018). Reorienting chemistry education through system thinking. Nature Review : Chemistry, 2(0126), 1-3.

Mahaffy, P. G., Matlin, S. A., Holme, T. A., & MacKellar, J. (2019). System thinking for education about the molecular basis of sustainability. Nature Sustainability, 2(5), 362-370.

Setiawati, F. (2022). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(1), 1-17.

Sianturi, R. L., Suyati, L., & Astuti, Y. (2021). Korosi besi dengan elektrolit H2SO4 dan karakterisasi produk. Greensphere: Journal of Environmental Chemistry, 5(1), 1-4.

Sihombing, S. N., Marheni, M. (2012). Analisis kebutuhan dalam pembelajaran kimia untuk pengembangan bahan ajar kimia SMP di DKI Jakarta. JRPK J Ris Pendidik Kim, 2(1), 119-126.

Subagia, I. W. (2014). Paradigma baru pembelajaran kimia SMA. Paper presented at Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV. From file:///C:/Users/I%20T%20E%20L/Downloads/semnasmipa,+artikel16(152-163).pdf

Wiranta, I. M. R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah kontekstual materi masalah sosial kelas IV SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 30-38.

York, et. al. 2019. Application of system thinking in STEM education. Journal of Chemical Education, Vol. 96, Issue 12, pages 2679-3044, Doi: 10.1021/acs.jchemed.9b00261.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v10i1.21641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia