IDENTIFIKASI MISKONSEPSI ASAM BASA DENGAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE TEST MENGGUNAKAN CERTAINTY RESPONSE INDEX

Sih Agung Lumadya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Antuni Wiyarsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Soal tes bertingkat dapat digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa pada materi asam basa. Salah satu kategori pemahaman siswa dapat diketahui dari tingkat miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan profil tingkat pemahaman siswa kelas XII pada materi asam basa, menentukan persentase miskonsepsi tiap topik asam basa, dan menentukan profil miskonsepsi siswa kelas XII pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di empat SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada bulan November 2023 dengan responden sejumlah 264 siswa. Instrumen penelitian menggunakan three-tier multiple choice test dengan Certainty Response Index (CRI) yang terdiri dari 17 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 42,80% siswa tidak paham konsep asam basa dan 36,83% lainnya mengalami miskonsepsi. Persentase miskonsepsi terbesar teridentifikasi pada konsep perhitungan pH asam basa sebesar 41,67% dan konsep asam basa 39,90%.

Full Text:

PDF

References


Artdej, R., Ratanaroutai, T., & Thongpanchang, T. (2010). Thai Grade 11 Students’ Alternative Conceptions for Acid-Base Chemistry. Research Science Technology Education, 28(2): 103–121.

Djarwo, C. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmu IKIP Mataram, 6(2): 90-97.

Elvia, R., Rohiat, S., & Ginting, S. M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Matematika Kimia Melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice. Hydrogen Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2): 84.

Fajaroh, F. (1998). Hubungan antara Pemahaman Mikroskopis dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan Konsep Asam Basa. Malang: Forum Pendidikan.

Fajri, A. Y. R., Agung, S., & Saridewi, N. (2020). Penggunaan Instrumen Diagnostik Two-Tier, 6: 101–112.

Fikri, R. A., Suwono, H., & Susilo, H. (2022). Online three-tier diagnostic test to identify misconception about virus and COVID-19. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 8(2): 129–141.

Hidayah, N., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2016). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9): 1–10.

Huddle, P. A., White, M., & Rogers, F. (2000). Using a Teaching Models to Correct Known Misconception in Electrochemistry. Jounal Chem. Educ., 77.

Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) pada Pokok Bahasan Asam Basa,” ALOTROP, 5(1): 55–63.

Jelita, Y., Handayani, D., & Amida, N. (2021). Pengembangan Kit (Komponen Instrumen Terpadu) Praktikum Kimia Berbasis Guided Inquiry pada Materi Asam Basa. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2): 149–158.

Jusniar, Effendy, Budiasih, E., & Sutrisno. (2020). Misconceptions in Rate of Reaction and their Impact on Misconceptions in Chemical Equiblirium. Eur. J. Educ. Res., 9(2): 1405–1423.

Lestari, E. A., Harjito, H., Susilaningsih, E., & Wijayati, N. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnosa Three-Tier Multiple Choice Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2): 2824–2830.

Majid, M. N. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA pada Materi Asam Basa dengan Three Tier Multiple Choice Test Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Qodriyah, N. R. L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Habiddin. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Malang pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2): 2642–2651.

Sakti, S., Fatah, A. H., & Anggraeni, M. E. (2020). Analisis Materi Ajar Konsep Laju Reaksi Pada Buku Teks Kimia SMA/MA. Jurnal Ilmu Kanderang Tingang, 11(1): 78–91.

Suyono, S. (2020). Miskonsepsi kimia, sebuah misteri. Jurnal Pembelajaran Kimia, 5(1): 1-7.

Wati, W. & Novita, D. (2021). Mereduksi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia Melalui Penerapan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1).

Yunita, L., Sofyan, A., & Agung, S. (2014). Pemetaan Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. Edusains, 6(1): 2–8.

Zidny, Robby, Sopandi, W., & Kusrijadi, A. (2013). Analisis Konsep Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik Serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1): 27–36.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i2.21286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia