HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF MATERI KIMIA LINGKUNGAN DENGAN SIKAP SADAR LINGKUNGAN SISWA SMA

Dita Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Cornelia Budimarwanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kemampuan kognitif kimia dengan sikap sadar lingkungan siswa, serta untuk menganalisis hubungan tingkat kelas dengan sikap sadar lingkungan siswa SMA MIPA di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis survei dengan populasi sejumlah 5349 siswa dan diambil 390 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif materi kimia lingkungan dan angket sikap sadar lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan kognitif kimia lingkungan dengan sikap sadar lingkungan siswa secara signifikan dengan nilai koefisien korelasi 0,119. Adapun pengaruh kemampuan kognitif kimia lingkungan terhadap sikap sadar lingkungan memiliki kontribusi sebesar 3,4%, sedangkan tingkat kelas memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,135 terhadap sikap sadar lingkungan siswa. Secara berurutan, perbedaan antara tingkat kelas dengan sikap sadar lingkungan dan kemampuan kognitif kimia lingkungan siswa siswa dimulai dari urutan terendah yaitu kelas X, XI, dan XII. 


Full Text:

PDF

References


Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61. https://doi.org/10.31258/dli.2.1.p.61-64

Hanifah, M., Shaharudin, I., Mohmadisa, H., Nasir, N., & Yazid, S. (2015). Transforming Sustainability Development Education in Malaysian Schools through Greening Activities. Review of International Geographical Education Online (RIGEO), 5(1), 77–94.

Kalogiannakis, M., & Papadakis, S. (2017). Combining mobile technologies in environmental education: A Greek case study. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 11(2), 108–130. https://doi.org/10.1504/IJMLO.2017.084272

Kurnia, A., Mustami, M. K., & Wiharto, M. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Penerimaan Informasi Dengan Sikap dan Perilaku Peserta Didik Terhadap Lingkungan Hidup. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 177–182.

Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58

Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10269

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., Setiyowati, D., Cahyani, D. H. T., Handayani, R., & Suistri, S. (2020). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763

Wahyuni, H. (2021). Kurikulum Merdeka Belajar dan Pendidikan Lingkungan. Kumparan. https://kumparan.com/holy-wahyuni/kurikulum-merdeka-belajar-dan-pendidikan-lingkungan-1wOlcfMx9tm/full

Yucedag, C., Kaya, L. G., & Cetin, M. (2018). Identifying and assessing environmental awareness of hotel and restaurant employees’ attitudes in the Amasra District of Bartin. Environmental Monitoring and Assessment, 190(2). https://doi.org/10.1007/s10661-017-6456-7




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i2.20893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia