ANALISIS BUKU MATEMATIKA SISWA TIM GAKKO TOSHO DITINJAU DARI TEORI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Hanny Multazamah, , Indonesia
Sugiman Sugiman, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan antara lain: (1) mendeskripsikan realisasi teori Realistic Mathematics Education (RME) pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho Kelas VII pada materi Aljabar, (2) mendeskripsikan realisasi teori Realistic Mathematics Education (RME) pada Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII pada materi Aljabar, (3) mendeskripsikan perbandingan realisasi teori Realistic Mathematics Education (RME) antara Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho dengan Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII pada materi Aljabar.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk analisis konten. Sumber data yang digunakan adalah Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho dan Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII. Bab yang dianalisis terdiri dari bab-bab yang memuat materi Aljabar sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase D Kurikulum Merdeka. Data penelitian diperoleh dengan cara membaca dan mengode yang dilakukan oleh peneliti dan dua orang coder. Setelah itu, data penelitian dianalisis melalui enam teknik analisis data yang terdiri dari unitizing, sampling, recording/coding, reducing, inferring, dan narrating.

Hasil yang diperoleh merupakan realisasi dari teori Pendidikan Matematika Realistik dalam kedua buku tersebut telah disajikan dengan cukup baik. Kesesuaian isi buku dengan teori Realistic Mathematics Education pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho sebesar 65%, sedangkan pada Buku Matematika Kurikulum 2013 sebesar 62%. Perbandingan realisasi teori RME dalam proses pembelajaran matematika dari kedua buku tersebut antara lain: (1) penggunaan konteks realistik pada kedua buku sudah cukup baik, namun Buku Matematika Kurikulum 2013 perlu memperhatikan lagi ketersediaan konteks realistik yang digunakan sebagai awal pembangunan konsep, (2) penggunaan model pada kedua buku sudah cukup baik, namun kuantitas soal pengayaan pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho masih sangat terbatas, (3) Buku Matematika Kurikulum 2013 sangat baik dalam memfasilitasi siswa untuk melakukan interaktivitas, sedangkan ketersediaan aktivitas yang dapat memicu interaktivitas peserta didik pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho masih sangat terbatas, (4) keterkaitan konsep dalam Buku Matematika Kurikulum 2013 perlu diperhatikan agar keterkaitan antar konsep dapat lebih memperkuat pemahaman konsep siswa.


Keywords


buku teks matematika; komparasi; kurikulum merdeka; kurikulum 2013; teori realistic mathematics education

References


Banowati, E. (2007). Buku Teks dalam Pembelajaran Geografi di Kota Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pemngembangan dan Profesi Kegeografian, 4(2), 147-158.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Faot, M.M., & Amin, S.M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. MATHEdunesa, 9(1), 55–60. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p55-60

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Penerbit Tulip.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Jeheman, A.A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454.

Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Matematika.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis an Introduction to its Metodology, 2nd Edition. London: Sage Publication.

Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.388

Munayati, Z., Zulkarnadi., & Santoso, B. (2015). Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 188–206.

Ningsih, S.Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta didik Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. Journal Of Mathematics Education and Science (MES). 3(1), 82-90.

Putri, L.S.A. (2020). Penerapan Bahan Ajar Realistic Mathematic Education (RME)Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(1), 27-29.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan . Yogyakarta: Diva Press.

Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik. Jurnal Kongruen, 1(4), 331-342.

Rezat, S. (2010). The Utilization of Mathematics Textbooks as Instrument for Learning.

Santrock, J. (2011). Educational Psychology. 5th ed. New York: McGraw-Hill.

OECD. 2013. Draft PISA 2015 Mathematics Framework. Paris: OECD publishing

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2000). Mathematics education in the Netherlands a guided tour. Diakses dari: http://www.fi.uu.nl/en/indexpulicaties.html.

Wahyudi. (2012). Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Sebuah Cara Mengenal Matematika Secara Nyata. Scholaria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 2(1), 172-183. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2592




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i3.20453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia