PENGARUH PENERAPAN METODE SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Sekar Sari Anggraeni,
Marsigit Marsigit,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran saintifik yang berbasis etnomatematika pada pembelajaran geometri terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP 1 Banguntapan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode saintifik berbasis etnomatematika dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B digunakan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa Pretest dan Posttest. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Non-parametrik Mann-Whitney dan Uji Non-parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode saintifik berbasis etnomatematika pada pembelajaran geometri berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada taraf signifikan 0,05 dimana nilai Sig. kemampuan berpikir matematis peserta didik sebesar 0,00 < 0,05.

Keywords


Metode Saintifik; Etnomatematika; Geometri; Bepikir Kreatif Matematis

Full Text:

PDF

References


Fajriyah, E. (2018, February). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam

Mendukung Literasi. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-

.

Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras: Jurnal

Pendidikan Matematika, 4(2), 37–49.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Makalah dipersentasikan.

Seminar Nasional Matematika XV.

Marsigit. (2016). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding

Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Mulbar, U., Zaki, A., & Karangan, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir dan Komunikasi

Matematika ditinjau dari Pembelajaran Discovery Learning Setting Pendekatan Saintifik.

Journal of Indonesian Teachers for Social Science and Humanities, 1(2), 46–54.

Nugroho, S. (2008). Statistika Nonparametrika. Bengkulu: UNIB Press.

Pahrudin, Agus., Pratiwi, D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan

Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. Lampung Selatan: Pustaka Ali

Imron

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika

Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan

Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. P2M

STKIP Siliwangi, 3(1), 53. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478

Suyanto, & Gio, P. U. (2017). Statistika Nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan R. USU Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i2.19638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia