PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) YANG MENGACU PADA LEARNING TRAJECTORY DAN BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA
Jailani Jailani,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada topik menggunakan data SMP kelas VII yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan modul ajar dan LKS, angket respons guru dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan modul ajar, angket respons siswa untuk mengukur kepraktisan LKS dan tes kemampuan literasi matematika untuk mengukur keefektifan modul ajar dan LKS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) modul ajar dan LKS telah memenuhi kriteria valid dengan skor rata – rata modul ajar dan LKS berturut – turut 224,5 dari rentang skor 50 – 250 dengan kategori sangat baik dan 133,5 dari rentang skor 30 – 150 dengan kategori sangat baik; 2) modul ajar dan LKS telah memenuhi kriteria praktis dengan skor rata – rata penilaian guru, penilaian siswa dan hasil keterlaksanaan pembelajaran berturut – turut 42 dari rentang skor 10 – 50 dengan kategori baik, 56,8 dari rentang skor 15 – 75 dengan kategori baik,dan 96,26% dengan kategori sangat baik; 3) modul ajar dan LKS telah memenuhi kriteria efektif dengan persentase siswa yang mencapai KKM pada tes kemampuan literasi matematika mencapai 90,625% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, perangkat pembelajaran topik menggunakan data berbasis PMRI mengacu pada learning trajectory yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, N. (2022). Penguatan Rasa Ingin Tahu dan Pemahaman Literasi Matematika di Sekolah Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 2(1), 22-27.
Buschman, L. (2004). Teaching Problem Solving In Mathematics. Teaching Children Mathematics, JSTOR, 10(6), 302–309.
Clements, D. H., Sarama, J. (2009). Learning And Teaching Early Math: The Learning Trajectories Approach. New York: Routledge.
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132-137.
Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133-149.
Hedayani, E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis learning trajectory berorientasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2).
Hernawati, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berorientasi pada kemampuan representasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-44.
Kaye, S., & Rose, T. (2015). Assessing Mathematical Literacy. New York: Springer International Publishing.
Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, X(2),136-139.
Muntashar, Shadiwatul (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-RaniryDarussalam
Murdani, Rahmah, Turmudi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.
Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa di Era Merdeka Belajar Melalui Model Blended Learning. Prosandika UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) 3(1), 333-340.
Nieveen, N. (1999). Prototype To Reach Product Quality. Dalam van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. Design Approaches and Tools in Educational and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Nugraheni, E. A., & Sugiman, S. (2013). Pengaruh pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 101-108.
OECD, PISA. (2019). Assement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving Adn Financial Literacy. Paris: OECD Publisher.
OECD. (2015). PISA 2015 Draft Mathematics Framework. New York: Columbia University
Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71.
Sari, W. R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 109-121.
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju
Sembada, G., Madiistriyatno, H., Suwarni, S., & Silitonga, W. S. H. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Tangerang. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(1), 1-8.
Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2021). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(2).
Simalango, M. M., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5, Dan 6 Di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43-58
Van Dooren, W., De Bock, D., Vleugels, K., & Verschaffel, L. (2011). Word problem classification: A promising modelling task at the elementary level. In G. Kaiser, W. Blum, R. Borromeo Ferri, & G. Stillman (Eds.), Trends in Teaching and Learning of Mathematical Modelling (pp. 47–55). Springer.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v9i2.19632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogi Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia